Atlet Riau Wakili Indonesia di Kejuaraan Tenis Meja Asia Tenggara Bangkok

Muhammad Alghifari, atlet Riau yang mewakili Indonesia pada Kejuaraan Tenis Meja Asia Tenggara di Bangkok, Thailand.PEKANBARU, KOMPAS.com – Atlet Provinsi Riau, Muhammad Alghifari mewakili Indonesia dalam Kejuaraan Tenis Meja Asia Tenggara (Southeast Asian Table Tennis Association/ Seatta Championships) pada 14-22 Juni 2022, di Bangkok, Thailand. Alghifari lolos seleksi nasional bersama tujuh atlet lainnya di GOR Sukun Kudus yang digelar Pengurus Pusat Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PP PTMSI). Ketua Umum PP PTMSI Komjen (Purn) Oegroseno pun memberi ucapan selamat bertanding kepada Alghifari.

Mantan Wakapolri itu mengharapkan ada semakin banyak atlet berprestasi dari Riau. Dia bahkan menargetkan Riau sebagai pusat pelatihan atlet nasional. “Saya berikhtiar akan terus mengembangkan tenis meja di Indonesia. Kita lihat ke depan, apakah bisa pelatnas tenis meja di Riau,” kata Oegroseno dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (10/6/2022). Ia juga mengapresiasi Pengurus Provinsi (Pengprov) PTMSI Riau yang telah berhasil membina Alghifari, sehingga lolos seleksi nasional. Oegroseno menegaskan, persoalan internal PTMSI di pusat tidak boleh mengorbankan atlet. Sementara itu, Ketua Pengprov PTMSI Riau Dedi Harianto Lubis berharap, Alghifari mengukir prestasi di Bangkok sebagai gerbang menuju kejuaraan tingkat Asia dan dunia. Dedi berterima kasih kepada orangtua Alghifari yang telah mengizinkan dan mendukungnya ikut kejuaraan di Bangkok. “Semoga Alghifari meraih prestasi terbaik di Bangkok, menjadi kebanggaan Riau dan Indonesia,” ujar Dedi.

Alghifari dilepas secara resmi menuju Seatta Championshipss dari Kediaman Wakil Gubernur Riau Brigjen (Purn) Edi Natar Nasution, Jalan Sisingamangaraja, Kota Pekanbaru, Kamis (9/6/2022).
Dalam pelepasan atlet tersebut, hadir juga Kepala Dinas Pemuda Olahraga Riau Boby Rachmat dan Asisten I Pemerintah Kabupaten Bengkalis Andris Wasono dan orangtua Alghifari. Alghifari merupakan atlet tenis meja kelahiran 2 Juli 2007 asal Desa Wonosari, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau. Berbagai prestasi berhasil diraih Alghifari selama ini. Antara lain, juara satu PTMSI Riau Cup, 15 April 2022 dan Turnamen Tenis Meja Universitas Terbuka-Tempo di Pamulang, Tangerang Selatan, 21 Juli 2018.

Dalam pelepasan tersebut dihadiri langsung Ketua Umum PP PTMSI, Komjen Pol (Purn) Oegroseno, Sekjen PP PTMSI Dimas AP beserta rombongan, Kadispora Riau, Boby Rachmat, Asisten I Kabupaten Bengkalis Andris, Ketua Pengprov PTMSI Riau beserta jajaran serta kedua orang tua Muhammad Al Ghifari.¬†Wakil Gubernur Riau, Edi Natar Nasution menyampaikan dirinya menerima permintaan dari Ketua Pengprov PTMSI Riau untuk jamuan Al Ghifari sekaligus pelepasan sebagai atlet tenis meja.¬†“Meskipun ada hal yang terjadi di organisasi tenis meja saat ini, saya mengenyampingkan itu. Sebagai Wakil Gubernur Riau saya wajib memberikan motivasi kepada atlet. Ibarat dalam rumah tangga apabila ibu dan bapak bertengkar, anak tidak boleh jadi korban,” katanya disela pelepasan atlet.